Tanda Cacingan Pada Orang Dewasa

      No Comments on Tanda Cacingan Pada Orang Dewasa

Meskipun penyakit cacingan sering dialami oleh anak-anak, namun tidak bisa dipungkiri jika orang dewasa bisa mengalami penyakit ini.Maka anda perlu mengetahui tanda cacingan pada orang dewasa, guna untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan.

Tanda Cacingan Pada Orang DewasaPenyakit cacingan pada manusia biasanya sering dimanifestasikan oleh parasit cacing yang hidup di usus besar dan usus halus, yang mana cacing ini bisa bertahan hidup karena mendapatkan nutrisi dari menyerap darah di dinding usus dan sari makanan yang kita makan.

Dan berikut ini ada beberapa jenis cacing yang biasanya menyerang manusia yakni :

  • Cacing Pita

Cacing pita atau Cestodes bisa dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya.Jenis caing ini bisa memasuki tubuh masusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun jenis makanan yang sudah terkontaminasi.

  • Cacing Tambang

Pada umumnya kita terinfeksi cacing tambang karena interaksi dengan tanah hangat6 dan lembap yang didalamnya terdapat telur atau cacing tambang.

  • Cacing Kremi

Infeksi cacing kremi lebih banyak dialami oleh anak-anak usia sekolah, terutama karena telur cacing ini sangat mudah menyebar.

Tanda Cacingan Pada Orang Dewasa

Sebelumnya telah di bahas di atas tadi bahwa cacingan itu tidak hanya bisa dialami oleh anak-anak, akan tetapi orang dewasa pun bisa terkena penyakit ini.Dan berikut ini ada beberapa tanda cacingan pada orang dewasa diantaranya :

#1 Sering Merasakan Sakit Perut

Itu karena parasit cacing menyebabkan peradangan yang kemudian memicu sakit perut, yang mana penyebab cacing bisa mempengaruhi proses eliminasi ampas tubuh dan menyebabkan penumpukan racun.

#2 Masalah Pencernaan

Parasit cacing merusak lapisan usus dan menyebabkan peradangan di sistem pencernaan, biasanya gejalanya berupa mual, tingginya gas lambung, kembung dan sembelit.

#3 Penurunan Berat Badan

Salah satu tanda semakin besar anda terkena cacingan yakni terjadinya penurunan berat badan secara drastis.

#4 Terdapat Ruam

Caing diperut juga bisa menyebabkan ruam kulit yang disebabkan eliminasi racun

#5 Akan Merasakan Gatal Pada Dubur

Salah satu tanda yang paling menonjol dari cacingan yakni akan merasakan rasa gatal di bagian dubur dan genital.Sebaiknya rasa gatal tersebut jangan digaruk karena berpotensi menyebabkan infeksi.

#6 Gigi Menggeretek

Kebiasaan gigi menggeretek saat tidur bisa disebabkan oleh cacingan

#7 Terjadi Perubahan Suasana Hati

Orang yang cacingan biasanya mudah mengalami perubahan suasana hati, karena gangguan pencernaan bisa mempengaruhi emosi seseorang yang mana parasit adalah penyebab asal terjadinya hal tersebut.

#8 Mudah Lelah

Sering merasakan lelah merupakan tanda yang paling umum sebabnya cacing mengambil makanan dan menumpuk racun di dalam tubuh.

Meskipun tanda cacingan kadang tampak samar, namun apabila di tangani dengan benar dan tepat penyakit cacingan ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Cara Mencegah Penyakit Cacingan

Tips yang paling tepat untuk mencegah penyakit cacingan yakni dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.Tidak hanya itu, ada beberapa langkah lain yang bisa menangkan onfeksi akibat cacingan diantaranya :

  • Pilih daging dan ikan yang segar, sebaiknya simpan dengan baik kemudian masak hingga matang
  • Buah dan sayur harus dicuci secara seksama sebelum dikonsumsi
  • Apabila terinfeksi, maka basuhlah bagian anus anda pada pagi hari untuk mengurangi jumlah telur caing, karena cacing biasa bertelur pada malam hari.
  • Ganti pakaian tidur, sprei, pakaian dalam dan handuk dengan air panas untuk membasmi telur cacing.
  • Hindari menggaruk di sekitar anus yang gatal, rawat kuku dengan mengguntingnya secara teratur supaya tidak ada tempat untuk bertelur dan jangan menggigit kuku.
  • Cuci tangan secara teratur, terutama setelah buang air, mengganti popok bayi dan sebelum makan.
  • Hindari berjalan tanpa alas kaki dan menyentuh tanah atau pasir tanpa sarung tangan.

Selain melakukan beberapa langkah pencegahan cacingan, anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal penyakit cacingan yakni hanya dengan mengkonsumsi Jelly Gamat QNC yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tanda cacingan pada orang dewasa, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *