Penyebab Diare Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

      No Comments on Penyebab Diare Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Bagi ibu hamil yang mengalami diare sangatlah penting untuk mengetahui penyebab diare pada ibu hamil dan cara mengatasinya, supaya penyakit yang anda derita tidak menimbulkan keparahan.

Penyebab Diare Pada Ibu Hamil Dan Cara MengatasinyaTahukah Anda ?

Banyak sekali wanita yang mengalami diare pada masa kehamilan, yang mana kondisi ini bisa menguras cairan pada tubuh hingga memicu dehidrasi.Jika tidak segera di tangani dengan baik, maka kondisi ini bisa berdampak serius bahkan mematikan.

Anda dikatakan mengalami diare apabila dalam sehari anda buang air besar berupa tinja encer sebanyak tiga kali atau lebih.Umumnya diare pada ibu hamil terjadi pada semester ketiga kehamilan tapi tidak semua ibu hamil mengalaminya.

Diare bisa terjadi karena adanya perubahan kondisi pada ibu hamil seperti :

  • Perubahan hormon – Tidak hanya bisa menyebabkan konstipasi, perubahan hormon juga bisa mempercepat sistem pencernaan anda, yang mana kondisi ini mungkin bisa membuat diare menjadi sebuah masalah.
  • Perubahan asupan – Demi menjaga asupan gizi bagi janin, banyak wanita melakukan perubahan asupan ketika hamil, yang mana perubahan tersebut membuat perut terganggu yang memicu diare.Tidak hanya pola makan yang berubah, asupan vitamin kehamilan juga bisa memicu diare.
  • Perubahan kepekaan terhadap makanan – Perubahan ini mungkin bisa membuat anda sensitif terhadap makanan yang sebelumnya tidak berefek negatif ketika anda konsumsi sebelum hamil.

Tidak hanya penyebab yang berkaitan dengan kehamilan, diare pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh keracunan makanan, bakteri, virus, parasit usus dan kondisi tertentu seperti : penyakit sindrom iritasi usus, penyakit celiac dan radang usus besar.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Diare Pada Ibu Hamil ?

Dan berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi ibu yang sedang hamil untuk mempercepat pemulihan setelah diare yakni :

  • Memperbanyak waktu istirhat
  • Meningkatkan asupan cairan elektrolit pada tubuh agar terhindar dari dehidrasi
  • Perbanyak minum air putih atau oralit
  • Jika masih terjadi diare ringan, usahakan untuk mengkonsumsi sup, minuman jahe atau roti panggang untuk membantu mengatasi diare yang ibu alami
  • Konsumsi obat herbal diare pada ibu hamil

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab diare pada ibu hamil dan cara mengatasinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *