Pantangan Makanan Untuk Penderita Tipes

Selain rutin mengkonsumsi obat tipes, menghindari makanan tertentu juga penting untuk anda lakukan agar pengobatan yang dilakukan berjalan dengan maksimal dan berikut ini adalah beberapa pantangan makanan untuk penderita tipes yang sebaiknya dihindari.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Tipes

Tipes atau dalam istilah medis disebut dengan demam tifoid ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang masuk melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dan masuk melalui mulut.

Setelah masuk ke mulut manusia, melalui makanan dan minuman kemudian bakteri tersebut akan mulai bereaksi di dalam tubuh dimana prosesnya cukup cepat yakni 24 hingga 72 jam. Setelah masuk, tubuh akan mulai merasakan gejalanya yang telah mencapai organ empedu, hati, limpa, sumsum tulang hingga ginjal.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Tipes

Berikut ini ada beberapa pantangan makanan untuk penderita tipes yang sebaiknya harus dihindari, agar kondisi ini tidak menimbulkan keparahan. Dimana beberapa pantangan makanan tersebut diantaranya :

#1 Kacang-Kacangan

Untuk saat ini seseorang yang menderita tipes tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan dari jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, hijau, kacang tanah atau kacang kedelai, apalagi penyajiannya digoreng dengan minyak yang mengandung lemak.

#2 Daging Sapi

Didalam daging sapi terdapat banyak sekali serat yang kasar sehingga bisa membuat lambung semakin parah, hal ini dikarenakan lambung bekerja lebih keras dari biasanya dalam mencerna makanan yang satu ini.

#3 Singkong

Singkong hampir sama dengan ubi ini lebih bahaya jika dikonsumsi, karena kandungan yang ada di dalam singkong bisa menimbulkan resiko yang mengerikan. Dimana bisa membuat luka pada lambung, tentu hal ini sangat berdampak buruk ke depannya.

#4 Ikan Asin

Sama halnya dengan daging sama, pada ikan asin juga terdapat kandungan serat yang tidak diperkenankan bagi penderita tipes. Karena memungkinkan lambung akan bekerja keras, hal ini justru akan berakibat buruk terhadap kelangsungan penyembuhannya.

#5 Roti Gandum

Selanjutnya pantangan makanan untuk penderita tipes adalah roti gandum, karena tori gandum ini memiliki serat kasar yang dikhawatirkan juga akan melukai lambung yang dalam kondisi terluka.

#6 Makanan Berlemak

Bagi anda yang saat ini tengah menderita penyakit tipes, diharuskan untuk menghindari makanan berlemak dan bersantan karena makanan jenis ini akan cukup lama diproses dalam sistem pencernaan.

#7 Makanan Asam

Makanan yang terlalu asam juga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita tipes, dimana makanan tersebut berupa sari jeruk lemon, belimbing, asam jawa dan lainnya.

Dimana beberapa jenis makanan tersebut bisa diyakini bisa menghambat proses penyembuhan penyakit tipes yang anda derita dan bisa menyebabkan tipes semakin parah, maka untuk itu sebaiknya penderita tipes dianjurkan untuk menghindari makanan tersebut.

Disamping anda mengetahui beberapa pantangan makanan untuk penderita tipes di atas, anda juga harus mengetahui beberapa makanan yang baik untuk penderita tipes. Bisa anda lihat disini : Makanan Sehat Untuk Penderita Tipes 

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih atas kunjungannya & SEMOGA LEKAS SEMBUH !

post by : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *