Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh

      No Comments on Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai Sembuh

Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai SembuhHerpes zoster adalah kondisi dimana terjadi infeksi pada saraf dan kulit diskitarnya.Penyakit yang satu ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus penyebab cacar air yakni varisela zoster.

Ciri-Ciri Herpes Zoster Mulai SembuhVirus tersebut menetap di sekitar tulang belakang atau dasar dari tulang tengkorak tubuh bahkan setelah cacar air sembuh, bhisa kembali aktif di kemudian hari dan bisa menyebabkan herpes zoster.

Seseorang yang terkena herpes zoster akan merasakan gejalanya seperti : terdapat ruam kulit yang berupa lentingan berisi air yang meliputi satu area tubuh yang terasa perih dan gatal, ruam kulit tersebut akan pecah dabn mengering.Tidak hanya itu, penderita juga bisa mengalami demam, nyeri otot dan sakit kepala.

Pada umumnya herpes zoster bukalanlah penyakti yang tergolong serius atau berakibat fatal dan akan sembuh sendiri setelah 14-28 hari.Maka untuk itu herpes zoster akan mengalami masa resolusi (penyembuhan) dengan memberikan antivirus acyclovir dalam jangka waktu +/-7 hari sampai 14 hari apabila tidak disertai komplikasi.

Dan berikut ini ada beberapa ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh atau membaik yakni :

  1. Lenting mengering, menghitam dan kemudian krusta lepas dengan sendirinya.
  2. Demam menghilang
  3. Rasa nyeri, panas dan pegal akan menghilang

Namun, terkadang herpes zoster akan meninggalkan gejala sisa/komplikasi yaitu rasa nyeri yang tidak menghilang padahal lenting sudah menghilang dan rasa gatal yang menetap.

Kondisi tersebut terjadi karena di sebabkan oleh adanya komplikasi herpes yaitu neuralgia paska herpetika, yang mana ditimbulkan akibat kerusakan saraf yang terjadi oleh virus varicella zoster tersebut.

Tidak hanya itu, adapun komplikasi serius pada penyakit herpes zoster seperti : kebutaan, gangguan pada saraf. infeksi bakteri pada ruam atau lepuhan dan bercak putih pada bekas ruam.

Selain diakibatkan oleh virus, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh adanya faktor risiko yang bisa mempengaruhinya diantaranya :

  • Faktor Usia
  • Sistem kekebalan tubuh menurun
  • Mengalami stress secara fisik maupun emosional

Meskipun penyakit herpes zoster tidak menular, namun apabila anda belum pernah mengalami ccar air dan kontak langsung dengan penderitanya, maka anda akan terinfeksi virus varisela dan terkena cacar air.

Maka tidak heran, apabila penderita herpes zoster sebaiknya menghindari kontak dengan bayi yang baru lahir, ibu hamil serta pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Langkah Pengobatan Herpes Zoster

Laangkah awal melakukan pengobatan bertujuan untuk mengurandi gejala sampai penyakit ini sembuh dengan sendirinya.Langkah pengobatan medis yang bisa anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan yaitu dengan memberikan obat antivirus seperti : acyclovir dan valacyclovir.

Tidak hanya itu, ada beberapa langkah pengobatan lain yang bisa anda lakukan untuk menghidari pengidap dari komplikasi gangguan saraf yakni :

  • Obat pereda sakit seperti : paracetamo, ibuprofen dan kodein.
  • Obat antidepresan trisklik (TCA) misalnya amitriptyline, imipramine dan nortriptyline.
  • Obat antikonvulan misalnya gabapentin dan pregabalin.

Namun penggunaan obat antibiotik yang berlebihan sudah pasti tidak baik untuk tubuh, maka sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi obat herbal herpes zoster yang jauh lebih aman untuk anda konsumsi karena berkomposisikan dari bahan alami sehingga tidak kan menimbulkan efek samping.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai ciri-ciri herpes zoster mulai sembuh, semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *