Bahaya Tetanus Dan Pencegahannya

      No Comments on Bahaya Tetanus Dan Pencegahannya

Inilah bahaya tetanus yang bisa muncul jika tidak diatasi dan diobati dengan serius ?maka untuk itu jangan abaikan sebaiknya atasi dengan serius tetanus yang anda alami saat ini, guna untuk menghindari hal buruk yang mungkin terjadi.

Bahaya Tetanus Dan Pencegahannya

Tetanus adalah sebuah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri clostridioum tetani yang menyerang sistem saraf dan otot manusia, dimana bakteri tersebut tahan terhadap panas dan tahan terhadap zat antiseptic.

Saat berada di dalam tubuh, bakteri ini akan menghasilkan sejenis protein dengan sifat racun-racun yang di sebut neurotoxin.Dimana racun tersebut akan menyerang sistem saraf dan otot manusia sehingga akan menyebabkan kejang.

Bahaya Tetanus

Infeksi tetanus sangat berbahaya karena bisa mengeluarkan racun toksin yang bersifat neourotoksin.Pada mulanya, infeksi tersebut akan menyebabkan kejang otot dan syaraf perifer setempat.

Bakteri tetani tersebut akan inkubasi yang berlangsung hingga 21 hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh.Dalam prosesnya akan mengeluarkan toksin, dimana toksin inilah yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.Itu karena, toksin bisa membunuh sel darah merah, mengeluarkan leukosit hingga terjadi ketegangan dan spaste otot.

Namun tetanus yang mengerikan bisa terjadi pada seorang bayi ataupun anak kecil, tetanus yang sering menyerang anak-anak adalah jenis tetanus neonatorium.Jenis bakteri tetanus ini bisa menyebabkan kematian karena efek kejang sianosis hingga berhentinya pernapasan anak.

Bahkan hasil riset menunjukan, bahwa efek kematian yang disebabkan oleh tetanus mencapai 50%.Artinya bagi usia anak yang pernah terinfeksi tetanus, separuh diantaranya meninggal dunia.Maka oleh karena itu tetanus termasuk salah satu penyakit paling mematikan di dunia.

Pencegahan Dan Komplikasi Tetanus

Langkah utama untuk mencegah tetanus adalah dengan vaksinasi.Di Indonesia, vaksin tetanus termasuk dalam daftar imunisasi wajib untuk anak-anak.

Imunisasi ini diberikan sebagai bagian dari vaksin DTP (difteri, tetanus, pertusis).Proses vaksin ini harus dijalani dalam 5 tahap yakni usia 2, 4, 6, 18 bulan dan 5 tahun.

Kemudian vaksin ini akan diulangi pada saat berusia 12 tahun yang berupa imunisasi Td.Namun, DTP termasuk imunisasi yang tidak dilisensikan bagi anak berusia 7 tahun ke atas, remaja serta dewasa.

Untuk wanita, imunisasi TT (tetanus toksoid) sebaiknya diberikan saat sebelum menikah dan 1 kali pada saat hamil.Tujuan dari imunisasi ini adalah untuk mencegah tetanus pada bayi yang baru lahir.

Disamping vaksinasi, pencegahan tetanus juga bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan terutama saat merawat luka agar tidak terkena infeksi.

Infeksi tetanus yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan komplikasi dan berakibat fatal, komplikasi tetanus yang bisa terjadi meliputi jantung yang tiba-tiba berhenti, emboli serta pneumonia.

Itulah sekilas informasi tentang bahaya tetanus yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjadi jalan kesembuhan bagi penyakit yang anda derita saat ini.

Baca Juga :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *