Bahaya Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa

      No Comments on Bahaya Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa

Inilah bahaya cacingan pada anak dan orang dewasa yang patut kita waspadai, apalagi penyakit yang satu lebih rentan terkena pada anak usia dua tahun ke atas yang mulai bermain di lantai ataupun tanah.

Bahaya Cacingan Pada Anak Dan Orang DewasaBahaya Cacingan

Meskipun sering dianggap remeh angin lalu, penyakit akibat diserapnya makanan oleh cacing di dalam tubuh sebaiknya tidak diremehkan.Tidak hanya bisa menyerang anak-anak, namun penyakit ini bisa menyerang orang dewasa.

Cacing merupakan suatu penyakit yang khas didaerah tropis dan sub tropis serta biasanya bisa meningkat ketika musim hujan.Karena pada kondisi tersebut, sungai dan kakus meluap bahkan larva cacing menyebar ke berbagai sudut yang sangat mungkin dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Larva cacing yang masuk ke dalam tubuh perlu waktu 1-3 minggu untuk berkembang.Cacing yang biasa “menyerbu” tubuh manusia adalah cacing tambang, cacing gelang dan cacing kremi.

Tidak hanya melalui makanan yang tercemar oleh larva cacing, cacing juga bisa masuk ke tubuh manusia melalui kulit (pori-pori).Dari tanah, misalnya lewat kaki anak telanjang yang menginjak larva atau telur dan biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal.

Setelah menembus kulit, maka cacing masuk ke pembuluh darah vena (balik), lalu menuju paru-paru.Di mana paru-paru inilah muncul sindroma Loffler sehingga anak akan batuk seperti TBC, berdahak seperti asma yang mana kondisi ini termasuk ke dalam siklus perjalanan cacing.

Cacingan juga bisa berakibat fatal, bisa ke empedu meskipun jarang terjadi namun, kondisi ini akan mengakibatkan fisik lemah, daya tahan turun sehingga penyakit lain pun bisa masuk.

Sekitas 60-80 persen penyakit cacingan terjadi pada orang dewasa yang mana akan menimbulkan kondisi seperti anemia kronis yang mana membuat jumlah sel otak berkurang karena kekurangan nutrisi selama mana tumbuh kembang.

Akibatnya, ketika dewasa kualitas fisik dan IQ orang tersebut tertentu akan berkurang juga conton lainnya yaitu ketika kecil terkena penyakit infeksi yang tidak ketahuan setelah dewasa sakit ginjal dan sebagainya.

Cara Mengatasi Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri di rumah ketika anda mengalami tanda cacingan yaitu mengkonsumsi obat cacing yang telah direkomendasikan dokter seperti : jenis piperazin, jenis albendazol, jenis pirantel pamoal dan jenis mebendazol.

Namun penggunaan obat antibiotik secara berlebih pastinya tidak baik untuk tubuh, maka sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi obat herbal cacingan pada anak dan orang dewasa yang mana jauh lebih aman untuk anda konsumsi karena terbuat dari bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Selain mengkonsumsi antibiotik atau obat herbal, penagangan yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyakit cacingabn yaitu dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini :

  • Biasakana untuk membersihkan tangan dengan sabun, sebelum makan, sesudah makan atau setelah bermain, khususnya diluar rumah.
  • Potong kuku anak secara teratur, karena kuku panjang bisa menjadi tempat bermukim larva cacing.
  • Ajari anak untuk tidak terbiasa memasukkan tangan ke dalam mulutnya.Selalu memakai sandal atau sepatu setiap kali anak bermain di luar rumah.
  • Jaga kebersihan sanitasi lingkungan, misalnya dengan rajin membersihkan kakus atau septichank.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai bahaya cacingan pada anak dan orang dewasa, semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda terhadap penyakit ini.Terimakasih atas kunjunganya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *