Sakit Telinga ? Yuk Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Sakit Telinga ? Yuk Ketahui Penyebab Dan Cara Mengatasinya – Mungkin rasa sakit telinga bisa membuat orang panik dan penasaran apa sebenarnya yang sedang terjadi, apalagi kondisi ini terjadi pada akan maka tentu saja membuat orang tua ketakukan akan halnya kondisi tersebut.

Penyebab Sakit Telinga Dan Cara MengatasinyaPenyebab Sakit Telinga

Sakit telinga bisa disebabkan oleh infeksi pada salah satu bagian telinga, namun ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan telinga sakit dan terasa tidak nyaman.Dan berikut ini ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan sakit telinga yakni :

#1 Infeksi telinga

Biasanya terjadi pada telinga bagian tengah ketika salitan Eustachius telinga menjadi tertutup atau bengkak akibat penumpukan cairann pada telinga bagian tengah.Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus dan lendir yang berlebihan.

Umumnya gangguan ini biasa menimpa pada anak-anak, karena sekitar 75 persen anak di bawah usia 3 tahun pernah menderita gangguan ini.Bekurangnya pendengaran, nyeri pada telinga dalam dan keluarnya cairan berupa nanah merupakan gejala dari infeksi telinga.

#2 Tinnitus

Kondisi dimana seseorang mendengar suara dengungan atau deringan di dalam telinga, suara tersebut berasal dari dalam tubuh.Untuk penangan kondisi ini umumnya dilakukan dengan cara mendiagnosis penyebab di balik tinnitus.

#3 Penyakit Meniere

Kondisi ini yang umumnya terjadi pada salah satu telinga saja bisa disebabkan oleh ketidaknormalan cairan dalam telinga bagian dalam yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba.Pusing berputar secara tiba-tiba dan tinnitus adalah gejala utama penyakit meniere, pada umumnya penyakit ini dialami oleh orang yang berusia 40-50 tahun.

#4 Barotrauma Telinga

Kondisi dimana terjadinya cedera telinga akibat perubahan tekanan air saat seseorang berkendara di gunung, bepergian dengan pesawat atau pun melakukan penyelaman di kedalaman tertentu.

Hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri dan sakit kepala pening adalah salah satu gejala yang bisa dirasakan oleh penderita barotrauma telinga.

Namun penyebab sakit telinga yang paling umum terjadi di sebabkan oleh beberapa hal seperti : Glue Ear, bisul, cedera, adanya sumbatan pada liang telinga akibat penumpukan kotoran telinga, infeksi tenggorokan, eksim, nyeri rahang, abses gusi dan Trigeminal neuralgia.

Biasanya sakit telinga seringkali muncul dengan gambaran nyeri yang bervariasi, bisa berupa rasa sakit yang tajam seperti ditusuk-tusuk, rasa panas pada telinga ataupun nyeri tumpul seolah-olah telinga terasa penuh.

Jika anda ingin menghindari risiko-risiko lebih buruk, sebaiknya periksakan telinga ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorolan) begitu merasakan gangguan pendengaran.

Cara Mengatasi Sakit Telinga ?

  • Dan berikut ini ada beberapa cara mengatasi sakit telinga yang bisa anda lakukan sendiri di rumah yakni :
  • Jika ingin meringankan rasa sakit bisa digunakan obat pengilang rasa sakit telinga
  • Jangan mengorek-ngorek telinga dengan apapun termasuk cotton bud ketika telinga anda sakit
  • Lindungi telinga jangan sampai kemasukan air
  • Untuk sakit telinga yang disebabkan oleh infeksi telinga bagian luar bisa menggunakan obat sakit telinga tetes yang mengandung antibiotik

Namun, penggunaan antibiotik secara berlebihan sudah pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh, maka sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi obat herbal sakit telinga yang jauh lebih aman untuk anda konsumsi karena terbuat dari bahan alami sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab sakit telinga dan cara mengatasinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *