Penyebab Kencing Batu Dan Cara Mencegahnya

      No Comments on Penyebab Kencing Batu Dan Cara Mencegahnya

Timbulnya rasa sakit pada saat buang air kecil merupakan salah satu indikasi dari adanya batu dalam kandung kemih ? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya silakan simak mengenai penyebab kecing batu dan cara mencegahnya !

Penyebab Kencing Batu Dan Cara Mencegahnya

Biasanya kencing batu banyak terjadi pada usia pertengahan dan lanjut usia, dimana penderita penyakit ini rata-ratanya adalah laki-laki, namun tidak menutup kemungkinan jika perempuan bisa menderita penyakit ini.

Kencing batu adalah adanya pembentukan batu dalam sistem maupun organ saluran kemih yakni ginjal, kandung kemih, ureter dan uretra.Batu bisa terbentuk akibat adanya penumpukan garam dan mineral (kalsium, amonia, asam urat dan sistein) dalam urine.

Dan berikut ini ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya kencing batu diantaranya :

1) Akibat Melakukan Operasi Pembesaran Kandung Kemih

Orang yang mengalami masalah inkontinensia urin biasanya disarankan untuk menjalani operasi pembesaran kandung kemih, dimana operasi ini dengan cara memotong beberapa bagian usus.

Kemudian dilakukan pelekatan pada kandung kemih sehingga ukuran kandung kemih akan menjadi lebih besar.Dalam sebuah penelitian terbukti jika orang yang sudah pernah mengalami operasi ini ternyata akhirnya akan mengalami kencing batu.

2) Terjadinya Pembesaran Ukuran Prostat

Pastinya semua pria memiliki kelenjar prosta yang terletak pada bagian penis dan kandung kemih.Prostat juga mengelilingi uretra hingga tabung, sementara urin akan melewati tabung ini sebelum keluar.

Orang Dewasa hingga orang tua sering mengalami pembesaran prostat karena faktor tertentu, akibatnya ukuran prostat yang besar akan semakin menekan bagian uretra.

3) Kondisi Divertikula Kandung Kemih

Kondisi divertikula kandung kemih akan terjadi ketika ada sebuah kantong dalam kandung kemih yang berkembang besar dan menghalangi kerja kandung kemih, dimana kondisi ini menyebabkan kandung kemih tidak bisa kosong sepenuhnya.

Efeknya pada penderita akan merasa lebih sering buang air kecil namun tidak bisa merasa nyaman sesudahnya.Penyebab kelainan ini karena kondisi pada bayi yang baru lahir dan infeksi akibat pembesaran prostat.

4) Pola Makan Yang Buruk

Keinginan untu diat atau ingin menurunkan berat badan dengan cara yang tidak tepat juga bisa menyebabkan penyakit kencing batu.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak lemak, gula dan garam bisa membuat proses kerja dinding kandung kemih mengalami masalah, dimana kondisi ini juga terjadi pada penderita yang kekurangan vitamin A dan Vitamin B.

5) Kondisi Kandung Kemih Neurogenik

Kondisi dimana terjadinya ketika semua syaraf yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja kandung kemih mengalami kerusakan.Kondisi ini akan menyebabkan penderita tidak bisa mengosongkan kandung kemih secara penuh.

Orang yang menderita kandung kemih neurogenik harus menggunakan bantuan kateter yang dipasang dalam kandung kemih untuk menggosongkan semua urin dalam kandung kemih.

6) Kondisi Sistokel Pada Wanita

Sistokel adalah sebuah kondisi ketika bagian dinding kandung kemih mengalami perubahan posisi lebih ke bawah hingga mendekati dinding vagina.

Kemudian hal ini bisa menyebabkan aliran urin dari kandung kemih tidak bisa keluar sepenuhnya.Sistokel paling sering terjadi pada ibu yang menjalani persalinan norma, wanita yang bekerja mengangkat benda-benda berat dan wanita yang sering mengalami sembelit.

7) Terjadinya Peradangan Pada Kandung Kemih

Peradangan yang terjadi pada bagian kandung kemih juga bisa menyebabkan terjadinya batu pada kandung kemih.Penyebab dari peradangan ini bisa karena infeksi saluran kencing dan terapi radiasi yang ditujukan untuk daerah panggul.

Untuk peradangan yang mendapatkan perawatan baik jarang menyebabkan kecing batu, namun perawatan yang tidak maksimal akan menyebabkan terjadinya kencing batu.

8) Kurang Cairan

orang yang tidak mendapatkan cairan terutama air mineral dalam jumlah yang cukup, maka akan lebih sering terkena kencing batu.Kekurangan cairan tidak hanya menyebabkan depresi namun juga bisa merusak sistem kerja beberapa organ dalam tubuh.

9) Terbentuknya Batu Ginjal

Meskipun batu ginjal dan kencing batu adalah penyakit yang berbeda, namun semua penderita batu ginjal bisa memiliki risiko untuk terkena penyakit kencing batu.

Cara Mencegah Kencing Batu

Selain mengetahui penyebab kencing batu, anda juga harus mengetahui bagaimana cara mencegah terjadinya kencing batu supaya tidak menimbulkan kondisi yang semakin parah.Dan berikut ini ada beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya kencing batu yakni :

  • Lakukan pemeriksaan untuk penderita gangguan kandung kemih
  • Buang air kecil sambil duduk
  • Hindari garam berlebihan
  • Minum banyak cairan
  • Buang air kecil lebih sering
  • Hindari makanan tinggi asam oksalat
  • Konsumsi jus beri
  • Kurangi makanan daging merah
  • Konsumsi obat kencing batu alami ( Rekomendasi : Jelly Gamat QNC )

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan bisa menjadi jalan kesembuhan bagi penyakit yang anda derita saat ini.SEMOGA LEKAS SEMBUH !

Baca Juga :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *