Penyebab Albino (Albinisme) Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Albino (Albinisme) – Sangatlah penting bagi kita semua untuk mengetahui hal yang bisa menyebabkan terjadinya suatu penyakit termasuk penyakit albino.

Itu karena masih banyak sekali diantara kita yang masih belum mengetahui kondisi apa saja yang bisa mempengaruhi dan meningkatkan seseorang mengalami penyakit albino.

Maka dari itu mengetahui penyebab albino (albinisme) dan cara mengatasinya merupakan langkah yang paling tepat, guna untuk bisa terhindar dan mengatasi penyakit ini.

Penyebab Albino (Albinisme) Dan Cara MengatasinyaPenyebab Albino (Albinisme) Dan Cara Mengatasinya

Penyebab albino muncul karena tubuh tidak memiliki kemampuan membentuk melanin secara normal, yang mana kondisi ini bisa menyerang pria dan wanita.

Albino sendiri merupakan penyakit langka namun terjadi pada semua negara di dunia dengan rata-rata hanya memiliki persentase sebanyak 1 orang penderita albino per 20.000 penduduk.

Pada umumnya albino yang terjadi pada manusia memiliki beberapa jenis seperti :

1) Jenis Albino Ocular Albinism

Kekurangan zat pigmen yang hanya menyerang pada area mata, yang mana mata akan berwarna terang atau pirang namun uniknya rambut dan kulit memiliki pigmen yang normal.Jenis albino ini tidak terlalu sensitif terhadap sinar matahari namun tetap dianjurkan untuk memakai kacamata anti ultra violet guna untuk mencegah silau dan pandangan menjadi kabur.

2) Syndrome Hermansky Pudlak

Kasus yang langka juga berhubungan dengan albino tetapi memiliki resiko yang lebih berat yakni rentan menderita pendarahan dan infeksi.

3) Jenis Albino Black-Lock Migration Disorder Syndrome (ABCD)

Kekurangan pigmen pada semua bagian tubuh tetapi memiliki bercak-bercak yang bertebaran tidak beraturan disemua tubuh sehingga berkesan kulitnya seperti sedang terkena kotoran.

4) Sindrom Chediak Highasi

Jenis albino yang juga langka dan memiliki resiko tinggi mengalami penurunan daya tahan tubuh yang signifikan sehingga orang yang memiliki tipe albino ini cenderung mudah berisiko dan terserang bakteri atau virus dari udara atau orang lain.

5) Jenis Albino Oculocutaneous Albinism

Kekurangan zat pigmen pada kulit, mata dan rambut sehingga berwarna putih pucat, terang atau putih kekuningan.Dimana kondisi ini adalah jenis albino yang menyebabkan seseorang sangat sensitif terhadap bahaya radiasi sinar matahari.

6) Jenis Albino Recessive Total Albinism

Jenis penyakit albino yang hampir sama dengan tipe ocular albinism yakni kekurangan pigmen yang hanya menyerang mata namun perbedaannya penderita tidak sensitif terhadap sinar matahari namun hanya mengalami pandangan yang kurang jelas pada benda jauh.

7) Jenis Albino Deatness Syndrome (ADFN)

Kasus albino yang mempunyai masalah dengan kasus vitiligo dimana penderitanya tidak bisa mendengar dan kesulitan untuk bicara secara normal, yang mana ketulian muncul sejak lahir.

Penyebab Albino (Albinisme)

Untuk penyebabnya sendiri penyakit albino ini disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi pada salah satu gen yang bertugas untuk membantu produksi melanin oleh sel-sel melanocytes yang terdapat di dalam mata dan kulit.Selain itu, ada juga hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit albino yakni :

  • Faktor Genetik

Karena genetika adalah albino terbentuk pada seseorang yang disebabkan resesif autosom dan dominan autosom yang mana kondisi albino ini karena perkawinan silang orang tua antara yang memiliki gen normal dengan gen yang memiliki keturunan albino.

  • Kelainan Metabolisme

Kelainan metabolisme tirosin yang menyebabkan tubuh gagal memproduksi zat pewarna kulit, mata dan rambut.

Cara Mengatasi Albino (Albinisme)

Meskipun tidak ada obat yang bisa menyembuhkan albino, pengobatan ataupun perawatan ditunjukan untuk memaksimalkan penglihatan penderita serta melindungi kulit mereka.Dan berikut ini ada beberapa cara mengatasi terjadinya albino pada manusia diantaranya :

  • Dianjurkan untuk senantiasa menggunakan pelindung mata berupa kacamata anti ultra violet untuk mengurangi efek fotopobia.
  • Sedapat mungkin menghindari intensitas sinar matahari antara pukul 12.00 hingga 13.00 dimana kekuatan ultraviolet yang sedang menembus bumi bisa menyebabkan kulit penderita albino terbakar dan menimbulkan rasa nyeri.
  • Dianjurkan agar rajin mengoleskan pelindung kulit atau tabir surya yang memiliki SPF tinggi yakni diatas 30, adapun cara yang lain seperti menggunakan payung, topi atau pakaian yang tertutup namun terbuat dari bahan katun yang bisa menyerap keringat.
  • Konsumsi obat penyakit albnino alami ( Rekomendasi : Jelly Gamat QNC )

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab albino (albinisme) dan cara mengatasinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *