Penyakit Lepra (Kusta) Menular Atau Tidak

      No Comments on Penyakit Lepra (Kusta) Menular Atau Tidak

Penyakit Lepra (Kusta) Menular Atau Tidak ? Penyakit lepra atau lebih dikenal dengan kusta atau penyakit hansen merupakan salah satu penyakit yang meyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernafasan atas serta mata.

Penyakit Lepra (Kusta) Menular Atau TidakBiasanya sistem saraf yang diserang bisa menyebabkan penderitanya mati rasa.Umumnya penyakit lepra disebabkan sejenis bakteri yang memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh.

Bakteri penyebab penyakit lepra yakni bakteri Mycobacterium leprae, yang mana bakteri ini tumbuh pesan pada bagian tubuh yang bersuhu lebih dingin seperti tangan, wajah, kaki dan lutut.

Selain itu, berikut ini ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap penyakit lepra diantaranya :

  • Melakukan kontak fisik secara rutin dengan penderita kusta
  • Menderita cacat genetika pada sistem kekebalan tubuh
  • Melakukan kontak fisik dengan hewan penyebar bakteri kusta tanpa sarung tangan
  • Bertempat tinggal di kawasan endemik kusta

Lepra termasuk ke dalam salah satu penyakit yang bisa menular atau ditularkan melalui kontak fisik atau cairan yang dikeluarkan oleh penderita kusta pada saat batuk atau bersin.

Mengingat bahwa penyakit lepra bisa menular, maka apabila pada saat ini anda memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit lepra sebaiknya anda harus berhati-hati, utamanya anak-anak.

Itu karena anak-anak lebih mudah tertular penyakit ini, mengingat bahwa anak-anak memiliki sistem daya tahan tubuh yang belum sempurna dan lemah.

Menjauhi bukan berarti anda mengucilkan anggota keluarga anda yang menderita penyakit lepra, meskipun lepra bisa menular namun lepra tidak muda menular.

Penyakit Lepra Tidak Mudah Menular

Dengan memperhatikan dan merawat orang terdekat anda utamanya orang tua menjadi salah satu kewajiban kita sebagai anak atau saudara.

Termasuk pada saat orang tua anda sakit maka andalah sebagai anak wajib untuk memperhatikan atau merawat orang tua.

Lalu bagaimana jika orang tua anda menderita penyakit lepra atau kusta ?

Melakukan pencegahan tentunya menjadi hal yang penting untuk anda lakukan, namun bukan berarti anda mengucilkan atau merasa malas harus melakukan perawatan pada orang terdekat anda yang menderita penyakit lepra.

Salah satu bentuk kehati-hatian anda dalam mencegah penyakit lepra yakni dengan mengetahui ciri atau gejala penyakit lepra sehingga apabila anda mulai merasakan atau menemukan pada anggota keluarga lain anda bisa melakukan penanganan dan pengobatan yang cepat serta tepat.

Maka anda perlu : Obat Penyakit Lepra Alami Yang Ampuh

Untuk tanda dan gejala penyakit lepra bisa saja muncul setelah bakteri menginfeksi tubuh penderita selama 2 hingga 10 tahun.Dan berikut ini ada beberapa gejala yang kerap muncul dan dirasakan oleh penderita penyakit lepra diantaranya :

  • Kerusakan mata
  • Mati rasa
  • Perubahan bentuk atau kelainan pada wajah
  • Hilangnya jari jemari
  • Pembesaran pembuluh darah
  • Hidung tersumbat atau terjadi mimisan
  • Lemah otot atau kelumpuhan
  • Muncul luka tapi tidak terasa sakit

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyakit lepra (kusta) menular atau tidak, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *