Lakukan Hal Ini Jika Anak Mengalami Step Atau Kejang Demam

Lakukan Hal Ini Jika Anak Mengalami Step Atau Kejang Demam – Kejang demam merupakan salah satu kondisi yang mana paling ditakuti oleh orang tua bila anaknya tengah mengalami demam.

Situasi tersebut sering dihubung-hubungkan dengan epilepsi dan risiko keterbelakangan mental sebegai efeknya, benarkah demikian ?

Lakukan Hal Ini Jika Anak Mengalami Step Atau Kejang DemamSebenarnya kejang demam adalah suatu kondisi yang terjadi oleh karena kenaikan drastis pada temperatur tubuh yang umumnya disebabkan oleh infeksi dan merupakan proses khusus dari otak terhadap demam yang biasanya terjadi di hari pertama demam.

Kondisi ini lebih rentan dialami oleh anak yang berusia 6 bulan – 5 tahun.Selain dipicu oleh demam yang tinggi, kejang demam ini disebabkan oleh beberapa penyakit lainnya seperti :

Biasanya kejang demam terjadi paling lama sekitar 15 menit, namun jika kejang demam ini terjadi terus menerus dalam waktu yang lama anak bisa mengalami kondisi sebagai berikut :

  • Tangan dan kakinya kejang
  • Matanya terkadang juga akan terbalik
  • Demam tinggi
  • Setelah reda dia akan terlihat mengantuk dan tertidur
  • Kehilangan kesadaran dan berkeringat
  • Terkadang keluar busa dari mulutnya atau muntah

Apakah Kejang Demam Berbahaya ?

Kejang demam kompleks sering dihububungkan dengan meningkatnya risiko epilepsi, juga hubungannya dengan kematian mendadak yang tidak terjelaskan pada anak (sudden unexplained death in childhood/SUDC).

Namun ini tidak terbukti, faktanya sebagian besar kejang demam pada anak tidak mengalami peningkatan risiko kematian di masa kanak-kanak.

Pada sebagian besar kasus kejang demam tidak memiliki dampak jangka panjang, kondisi ini tidak akan menyebabkan kerusakan otak, kesulian belajar ataupun gangguan mental.

Selain itu, kejang demam juga tidak menjadi indikasi penyakit epilepsi yakni kecenderungan kejang berulang akibat sinyal elektrik abnormal dalam otak.

Lakukan Hal Ini Jika Anak Mengalami Step Atau Kejang Demam

Meskipun kejang demam bukanlah penyakit yang berbahaya, namun tidak menutup kemungkinan jika kejang juga bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius seperti meningitis, maka untuk itu segera hubungi dokter bila anda menduga ini bukan sekedar kejang demam.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua pada saat anak anda kejang demam yakni :

  • Pindahkan anak ke tempat aman, jauhkan dari barang berbahaya seperti barang pecah belah, benda tajam atau sumber listrik
  • Tetap bersama anak kejang
  • Jangan menahan kaki atau tangan anda dengan paksa saa kejang, karena bisa menimbulkan patah tulang
  • Tetap tenang dan tidak panik
  • Miringkan anak supaya makanan atau minuman dalam mulut keluar sehingga anak tidak tersedak
  • Ukur suhu anak saat kejang, amati seberapa lama kejang dan apa yang terjadi saat kejang karena informasi ini sangat berguna bagi dokter anak anda
  • Kendorkan pakaian yang ketat terutama di sekitar leher
  • Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut anak

Bila sebelumnya pernah kejang, maka dokter biasanya membekali orang tua dengan obat diazepam yang dimasukan lewat pantat, berikan jika anak masih kejang dan jangan berikan bila kejang sudah terhenti.

Selain melakukan beberapa hal tersebut, anda juga bisa memberikan obat kejang demam alami pada anak yang mana cara ini jauh lebih aman untuk anda pilih dan gunakan yakni hanya dengan mengkonsumsi Jelly Gamat QNC ( QJG-HE ).

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai lakukan hal ini jika anak mengalami step atau kejang demam, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *