Gejala Radang Pankreas Stadium Awal Dan Pencegahannya

Mengenali gejala radang pankreas stadium awal merupakan langkah pencegahan paling jitu dan tepat untuk terhindar dari bahaya penyakit radang pankreas, utamanya bagi anda yang mengkonsumsi minuman yang beralkohol, karena apa ? karena mengkonsumsi minuman beralkohol menjadi penyebab timbulnya radang pankreas.

Selain itu melakukan pengobatan radang pankreas pada stasium awal memiliki peluang besar untuk sembuh di bandingkan stadium lanjut, maka dengan begitu sangatlah penting bagi anda untuk mengenal gejala radang pankreas.

Gejala Radang Pankreas Stadium Awal Dan PencegahannyaGejala Radang Pankreas

Radang pankreas atau dalam istilah medis sering di sebut dengan pankreatitis akut adalah suatu peradangan yang terjadi di dalam pankreas, yang mana pankreas sendiri merupakan organ berukuran kecil yang terletak di belakang organ lambung dan di bawah tulang iga.

Pankreas tersebut memproduksi enzim-enzim yang berfungsi mencerna karbohidrat, lemak dan protein dari makanan yang kita makan.

Sebenarnya banyak sekali kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya radang pankreas, namun pada sebagian besar kasus terkait dengan mengkonsumsi minuman beralkohol yang menjadi penyebab utamanya.

Selain mengkonsumsi minuman beralkohol, ada beberapa hal yang diduga bisa menyebabkan terjadinya radang pankreas yakni :

  • Penyumbatan batu empedu
  • Kerusakan pankreas akibat operasi perut
  • Hipertrigliserida (kadar terigliserida darah yang tinggi)
  • Infeksi efek samping antibiotik dan kemoterapi
  • Komplikasi penyakit fibrosis kistik

Pada umumnya radang pankreas bisa diderita oleh semua kalangan usia, meskipun umumnya terjadi pada kelompok usia menegah hingga tua.Pada pria biasanya terkait dengan mengkonsumsi minuman beralkohol sedangkan pada wanita terkait dengan batu empedu.

Namun terdapat risiko tertinggi terkena radang pankreas berat pada usia 70 tahun, perokok, pencandu minuman beralkohol dan penderita obesitas.

Gejala Radang Pankreas

Dan berikut ini ada beberapa gejala kanker paru-paru yang biasanya dialami oleh penderita radang pankreas diantaranya :

  • Mual dan muntah
  • Nyeri tumpul hebat (rasa sakit seperti di tekan atau di remas) yang terasa di sekitar bagian perut atas dan bisa bertambah buruk dan menyebar sepanjang punggung hingga bagian bawah tulang belikat kiri)
  • Kulit dan bagian putih mata menjadi menguning
  • Diare
  • Perut terasa sakit saat di sentuh atau mengalami pembengkakan
  • Mengalami demam

Rasa nyeri yang dirasakan bisa terasa memburuk dengan cepat, apalagi saat anda berbaring makan (terutama makanan berlemak) dan minum.

Namun pada kasus yang disebabkan oleh alkohol, gejala nyeri radang pankreas biasanya muncul dalam waktu enam hingga 12 jam setelah anda mengkonsumsi minuman beralkohol sedangkan pada kasus radang pankreas yang dipicu oleh batu empedu gejala nyeri biasanya muncul setelah anda mengkonsumsi makanan dalam porsi besar.

Maka untuk itu segera temui dan konsultasikan dengan dokter jika beberapa gejala tersebut sering anda alami, supaya anda bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Pencegahan Radang Pankreas

Selain mengenal gejala radang pankreas, anda juga bisa melakukan beberapa hal guna untuk mencegah timbulnya radang pankreas yakni :

  • Menghindari atau membatasi makanan berkolesterol tinggi guna untuk mencegah terbentuknya batu empedu seperti daging berlemak, makanan berminyak dan mentega.
  • Mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur, buah dan biji-bijian utuh
  • Konsumsi obat herbal radang pankreas (Rekomendasi : Jelly Gamat QNC )

Ternyata, radang pankreas juga rentan dialami oleh penderita obesitas maka oleh karena itu penerapan diet dan olahraga secara teratur sangat diperlukan sebagai langkah pencegahan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai gejala radang pankreas stadium awal dan pencegahannya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *