Ciri Ciri TBC Tulang Belakang

      No Comments on Ciri Ciri TBC Tulang Belakang

Mengetahui ciri ciri tbc tulang belakang merupakan hal yang sangat penting, karena mengingat jika penyakit ini bisa menimbulkan kondisi yang cukup serius.

Ciri Ciri TBC Tulang BelakangTBC tulang belakang atau dikenal dengan sebutan penyakit pott merupajan tuberkulosis yang terjadi di luar paru-paru, yang mana menjangkiti tulang belakang.Penyakit ini umumnya menginfeksi tulang belakang pada area toraks (dada belakang) bagian bawah dan vertebra lumbalis (pinggang belakang) atas.

Tahukah Anda ?

Berdasarkan laporan dari WHO tahun 2007 bahwa Indonesia memiliki sekitar 530.000 penderita TBC.Sekitar 106.000 (20 persen) diantaranya merupakan kasus TB di luar paru dan dari angka tersebut sekitar 5.800 merupakan TBC tulang belakang.

Bakteri bernama mycobacterium tuberculosis merupakan penyebab utama terjadinya TBC tulang belakang, yang mana bakteri tersebut bisa menyebar melalui percikan air liur penderita tuberkulosis yang bersin atau batuk.

Selain itu ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan seseorang terkena TBC tulang belakang diantaranya :

  • Faktor usia
  • Tinggal di area yang memiliki tingkat kasus tuberkulosis tinggi atau endemik
  • Pencandu minuman keras atau penggunaan obat-obatan terlarang
  • Terinfeksi HIV yang mengakibatkan rendahnya sistem kekebalan tubuh
  • Faktor sosial ekonomi yang rendah atau buruk memengaruhi standar kualitas hidup
  • Orang yang kekurangan nutrisi
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh menurun lainnya seperti : pengidap kanker, penyakit ginjal stadium lanjut dan diabetes

Meskipun TBC tulang belakang tidak cukup berbahaya, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa melakukan pengobatan bisa menimbulkan komplikasi yang cukup serius.

Baca Juga : Cara Mengobati TBC Tulang Belakang Secara Alami

Maka untuk itu sangatlah penting untuk anda yang saat ini terdiagnosa mengidap penyakit TBC tulang belakang untuk mengetahui apa saja ciri-ciri TBC tulang belakang.

Ciri Ciri TBC Tulang Belakang

Dan berikut ini ada beberapa tanda atau ciri-ciri TBC tulang belakang yang kerap kali timbul dan dirasakan oleh penderitanya diantaranya :

  1. Berat badan menurun
  2. Pegal-pegal
  3. Terdapat kelainan pada syaraf
  4. Bengkak pada tubuh
  5. Sakit punggung
  6. Muncul benjolan pada selangkangan
  7. Sesak nafas
  8. Demam dan tubuh berkeringat
  9. Tubuh menjadi bungkuk
  10. Nafsu makan berkurang
  11. Merasakan tubuh yang dingin
  12. Batuk berdahak
  13. Kejang otot di malam hari

Tanda atau ciri ciri TBC tulang belakang tersebut perlu diwaspadai sejak dini supaya tidak terus berkembang virusnya sehingga akan lebih mudah untuk disembuhkan.

Virus ini akan mudah disembuhkan jika belum banyak penyebarannya, beda halnya jika virus tersebut sudah menyebar hampir ke seluruh tubuh yang mana tentu akan kesulitan pula dalam memulihkan pada kondisi normalnya kembali.

Selain itu, berikut ini ada beberapa tindakan pencegahan TBC tulang belakang yang tidak kalah penting untuk anda lakukan yakni :

  • Pastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang baik demi melancarkan pergantian udara di dalam rumah
  • Tutupi mulut atau kenakan masker ketika berada di tempat umum ketika bersin, batuk atau tertawa
  • Mulailah kebiasaan mencuci tangan secara teratur
  • Bagi non penderita , kenakan masker jika berinteraksi dengan penderita TBC guna untuk menghindari pula terlalu sering berinteraksi dengan para penderita

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai ciri ciri TBC tulang belakang, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *