Ciri-Ciri Penyakit Flek Paru-Paru Yang Mudah Dikenali

Flek paru-paru adalah penyakit yang memiliki nama lain tuberkulosis atau TBC ini bersifat menular, maka itu sangatlah untuk anda mengetahui apa saja ciri-ciri penyakit flek paru-paru yang mudah dikenali.

Dimana hal tersebut berguna agar penyakit flek paru-paru yang anda derita saat ini bisa mendapatkan penanganan sedari dini sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa anda hindari. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa anda simak dalam artikel ini !

Ciri-Ciri Penyakit Flek Paru-Paru

Ciri-Ciri Penyakit Flek Paru-Paru

Berdasakan hasil data WHO pada tahun 2015, bahwa Indonesia termasuk enam besar negara dengan pengidap flek paru-paru terbanyak.

Namun di kutip dari CNN Indonesia, menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek bahkan menyatakan bahwa Indonesia adalah pengidap TBC atau flek paru-paru terbesar kedua setelah India.

Penyebab utama terjadinya flek paru-paru adalah disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan infeksi di daerah paru-paru dan untuk penularannya, penyakit ini terjadi saat penderita batuk-batuk.

Dimana pada saat batuk, tentunya akan mengeluarkan titik-titik kecil air liur yang mengandung bakteri penyebab flek paru-paru dan bisa terhirup oleh orang lain melalui perantaraan udara.

Umumnya flek paru-paru ini termasuk salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia yakni di mulai dari anak-anak hingga orang tua yang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit ini di sistem pertahanan tubuhnya.

Dan berikut ini ada beberapa ciri-ciri penyakit flek paru-paru yang mudah dikenali diantaranya :

1). Nafsu Makan Berkurang

Ciri-ciri flek paru-paru yang pertama adalah nafsu makan berkurang, dimana hal ini disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi di dalam paru-paru yang berakibat menurunkan nafsu makan kepada penderitanya.

2). Penurunan Berat Badan

Dimana ciri-ciri flek paru-paru yang satu ini, masih berkaitan dengan ciri yang pertama yakni nafsu makan berkurang. Jika penderita mengalami kehilangan nafsu makan berkurang, maka secara otomatis penderita akan mengalami penurunan berat badan.

3). Mengalami Demam

Terjadinya demam yang panjang hingga satu bulan, namun kenaikan suhu tidak terlalu signifikan menjadi ciri-ciri dari penyakit flek paru-paru. Karena demam yang dialami oleh penderita flek paru-paru berada sedikit diatas suhu normal dan bukan berupa demam tinggi.

4). Berkeringat Malam Hari

Biasanya demam yang dialami oleh penderita flek paru-paru akan di iringi dengan keluarnya keringat di malam hari yang sangat menganggu sekali ketika penderita tidur. Bahkan keringat tersebut diproduksi secara berlebihan sehinggga membuat pakaian penderita basah dan harus di ganti.

5). Melaise

Dimana dalam istilah medisnya melaise adalah mewakili keadaan ketidaknyamanan yang dialami seseorang yang ditandai dengan cepat lelah, menurunnya rasa cemas, lemas, tidak terlalu fit dan merasa sakit.

6). Batuk Yang Lama

Kemudian ciri-ciri seseorang menderita flek paru-paru adalah mengalami batuk yang cukup lama, dimana batuk ini biasanya berlangsung mencapai dua minggu bahkan lebih.

7). Batuk Berdahak

Dimana batuk berdahak yang terjadi pada flek paru-paru disebabkan karena adanya iritasi pada bronkus yakni percabangan besar ke dua bagian besar paru-paru kanan dan kiri.

8). Munculnya Rasa Sakit Di Dada

Rasa sakit yang muncul di dada disebabkan oleh adanya infeksi yang terjadi di paru-paru dan ketika bernafas akan mengalami penekanan, dimana hal ini kemudian akan membuatrasa sakit yang luar biasa.

9). Sesak Nafas

Meskipun penderita flek paru-paru tidak memiliki riwayat asma, namun hal ini sering sekali di keluhkan oleh penderita flek paru-paru. Dimana hal ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis yang mulai menginfeksi paru-paru.

10). Batuk Berdahak

Dimana batuk berdarah adalah pertanda bahwa penyakit flek paru-paru yang dialami penderita cukup parah sehingga bisa melukai paru-paru. Bahkan darah yang keluar bersama batuk, biasanya akan bercampur dengan dahak.

Jika beberapa tanda atau ciri flek paru-paru diatas mulai anda rasakan, maka yang harus anda lakukan sekarang adalah melakukan tindakan pemeriksaan pada dokter secepatnya agar anda bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Mengingat, bahwa flek paru-paru yang tidak segera ditangani dengan cepat bisa menyerang ke organ lain seperti kelenjar (menjadi TBC kelenjar), usus (menjadi TBC usus) dan tulang (TBC tulang). Flek paru-paru ini bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai ciri-ciri penyakit flek paru-paru yang mudah dikenali, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

post by : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *