Benarkah, Fistula Ani Penyebab Nyeri Buang Air Besar ?

Benarkah, Fistula Ani Penyebab Nyeri Buang Air Besar ? Nyeri pada anus dan terdapat lendir ataupun darah saat buang air besar bisa jadi itu gejala dari fistula ani.

Benarkah, Fistula Ani Penyebab Nyeri Buang Air Besar ?Fistula ani adalah bahasa medis untuk saluran yang terbentuk dan mungkin terinfeksi antara bagian akhir anus yakni antara rektum sampai lubang anus dan kulit di sekitar lubang anus.

Anda perlu mewaspadai apabila mengalami hal-hal berikut ini, yang mana bisa jadi adalah gejala fistula ani berupa :

  • Rasa sakit yang terus menerus dan sangat menganggu saat duduk, bergerak, batuk atau buang air besar
  • Iritasi kulit di sekitar anus
  • Terdapat lendir atau darah yang keluar saat buang air besar

Pada umumnya fistula ani disebabkan oleh infeksi pada kelenjar anus yang menyebabkan timbulnya penumpukan nanah.Yang mana kemudia kondisi ini akan membentuk saluran di bawah permukaan kulit yang terhubung pada kelenjar yang terinfeksi.

Apabila tidak bisa kering dengan sendirinya, maka nanah tersebut harus dikeluarkan dengan melakukan operasi.Sebenarnya fistula ani bisa dikategorikan dalam berbagai jenis tergantung kondisi dan posisinya, ada yang rendah adapun yang tinggi.

Hal tersebut tergantung seberapa dekat posisinya dengan otot-otot sphincter atau kumpulan otot pada ujung anus.Selain itu, adapun kompleks atau sederhana, tergantung apakah hanya terdapat satu saluran fistula atau ada jaringan yang saling terhubung.

Tidak hanya itu, adapun penyebab lain yang bisa memicu terjadinya fistula ani diantaranya :

  • Tuberkolosis karena bakteri yang menginfeksi paru bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.
  • Bawaan lahir
  • Kanker anorektum
  • Komplikasi akibat operasi
  • Penyakit menular seksual seperti sifilis dan klamidia

Cara Mengatasi Fistula Ani

Jika anda terdiagnosis mengidap fistula ani maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaaan endosonografi, magnetic resonance imaging (MRI) scan ataupun computerised tomograpy (CT) scan.

Namun penanganan fsitula ani umumnya dilakukan dengan melakukan operasi dan jenis operasinya tergantung pada posisi fistula ani.Dan berikut ini ada beberapa jenis operasi yang biasa dilakukan untuk menangani fistula ani diantaranya :

1) Teknik Seton

Seton adalah sutas benang yang ditempatkan di dalam saluran fistula.Teknik ini dilakukan jika pasien berisiko tinggi mengalami inkontinesia, maka kondisi ini bisa terjadi ketika fistula melintasi otot sphincter atau kumpulan otot pada ujung anus.

2) Peyumbatan Bioprostetik

Jenis penyumbatan yang berbentuk keruvut yang dibuat dari jaringan tubuh manusia.Sumbatan ini digunakan untuk menutup saluran pada fistula.

3) Prosedur Advancement Flap

Bagian jaringan yang dipindahkan dari anus atau kulit di sekitar anus.

4) Fistulotomi

Prosedur yang satu ini diterapkan pada sekitar 90% kasus fstula ani dilakukan dengan membuka seluruh fistula untuk mengeluarkan isinya.

Setelah melakukan operasi, maka anda sebaiknya mengenakan pakaian longgar dan duduk menggunakan bantal hingga luka operasi sembuh.Pada umumnya untuk penyembuhan membutuhkan waktu kurang lebih 6 minggu.

Pada minggu-minggu pertama, bekas luka mungkin akan mengeluarkan darah dan cairan, jadi sebaiknya gunakan pembalut atau handuk kecil pada celana dalam.

Biasanya risiko komplikasi yang timbulkan setelah operasi fistula ani berbeda-beda, tergantung pada jenis prosedur yang dilakukan.Adapun risiko komplikasi yang mungkin terjadi yakni infeksi, inkontinensia usus, kondisi fistula ani kembali terjadi.

Selain dengan operasi, anda juga bisa melakukan pengobatan fistula ani dengan cara yang alternatif yakni hanya dengan menggunakan ramuan herbal Jelly Gamat QNC yang digunakan sebagai obat herbal fistula ani tanpa operasi.

Produk herbal asli Indonsia ini berkomposisikan dari 100% bahan alami seperti : Ekstrak Gamat Emas, Sweetener Stevia, Air RO, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur.

Untuk masalah keamanan konsumsinya tidak perlu diragukan lagi, karena Jelly Gamat QNC aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia mulai dari balita sampai lansia bahkan ibu hamil dan ibu menyusui.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai benarkah, fistula ani penyebab buang air besar ? semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *