15 Penyebab Biduran Atau Urtikaria Dan Cara Mengobatinya

Apakah anda terkena biduran atau urtikaria ? Jika iya, maka anda perlu mengetahui penyebab biduran biduran atau urtikaria supaya kondisi ini bisa teratasi dengan cepat dan tepat.

Meskipun penyebab biduran termasuk masalah yang sepele, namun apabila penyebab tersebut tidak kunjung sembuh pastinya akan sangat memusingkan anda, bukan ?

15 Penyebab Biduran Atau Urtikaria Dan Cara MengobatinyaTahukah Anda ?

Biduran atau urtikaria adalah salah satu jenis reaksi alergi yang paling sering terjadi pada semua orang, yang mana reaksi kulit ini di tandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal.

Bilur tersebut bisa muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya, yang mana ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda dari beberapa milimeter hingga sebesar tangan.

Biasanya bilur yang muncul akibat biduran akan terasa gatal dengan ukuran dan lokasi berbeda-beda.Berikut ini ada beberapa gejala atau tanda biduran diantaranya :

  • Rasa gatal yang kuat
  • Bilur atau ruam yang berbentuk hampir oval atau seperti cacing
  • Berwarna merah atau putih

Penyebab Biduran Atau Urtikaria

Selain itu, biduran juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan untuk anak kecil sering menjadi lebih rewel dari biasanya.Meskipun reaksi alergi menjadi pemicu terjadinya biduran, namun sebenarnya ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan biduran diantaranya :

1) Stress

Sebagian besar kasus biduran diakibatkan oleh stress karena stress bisa menyebabkan alergi yang berlebihan.Pengaruh dari tingkat perubahan hormon dalam otak menyebar ke semua bagian tubuh termasuk ketika tubuh tidak bisa melawan infeksi.

2) Penyakit Rheumatoid Arthritis

Biduran juga bisa terjadi pada orang yang sedang menderita penyakit rheumatoid arthritis, yang mana kondisi ini sering terjadi pada orang tua yang memang menderita penyakit peradangan yang menyerang sendi tubuh.Tubuh yang menghasilkan sistem kekebalan tubuh namun justru menyerang bagian sendi itu sendiri, yang manabiduran bisa muncul pada kaki, tangan, sendi dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

3) Pengaruh Perubahan Cuaca

Biduran juga bisa terjadi akibat pengaruh dari perubahan cuaca yang memiliki tekanan dan perubahan tinggi, yang mana beberapa penderita biduran bisa kambuh ketika masuk ke daerah dengan cuaca yang sangat panas atau terlalu dingin.

4) Pengaruh Bahan Pengawet

Bahan pengawet yang sering menjadi bahan tambahan untuk makanan seperti produk olahan daging, minuman dan snak ini juga bisa menyebabkan alergi, yang mana reaksi alergi ini paling sering terjadi pada orang yang memang sangat peka terhadap bahan-bahan ini.

5) Terkena Gigitan Serangga

Biduran juga bisa terkena akibat terkena gigitan serangga seperti nyamuk atau jenis serangga lain.Pada awalnya gigitan serangga hanya akan menyebabkan rasa gatal yang ringan pada bagian yang terkena gigitan, namun reaksi tersebut akan menyebar ke bagian sekitar dan menjadi area yang lebih luas lagi.

6) Pengaruh Protein Dalam Tubuh

Setiap orang yang memiliki antibodi yang bekerja untuk melawan virus dan bakteri dalam tubuh.Pada saat antibodi bekerja untuk tubuh maka akan menghasilkan histamin, namun beberapa orang tidak bisa menerima histamin sehingga akan menyebabkan reaksi biduran.

7) Pengaruh Bahaya Olahraga Berlebihan

Beberapa orang juga terkena biduran karena olahraga yang secara berlebihan, masalah ini belum di ketahui karena adanya penyebab yang berbeda.Bisa saja ketika tubuh terlalu panas dan lelah maka biduran akan muncul, selain itu juga bisa terjadi pada saat tubuh sedang tidak fit ketika berolahraga.

8) Alergi Debu Dan Bulu

Biduran yang di sebabkan karena reaksi alergi terhadap debu dan bulu binatang tertentu.Biasanya kondisi ini terjadi dari lingkungan seperti debu, serbuk sari dari bunga dan bulu anjing, kucing atau tikus sehingga alergi bisa muncul dengan cepat dan biasanya biduran juga akan hilang dalam waktu kurang dari tujuh jam.

9) Pengaruh Obat-Obatan

Biduran juga bisa terjadi karena pengaruh obat-obatan seperti aspirin, obat penekan rasa sakit, obat penghilang rasa sakit, ibu profen, obat antiinflamasi dan obat pengatur tekanan darah.Biasanya kondisi ini sering terjadi pada pasien setelah menjalani prosedur operasi.

10) Pengaruh Infeksi Dalam Tubuh

Orang yang terkena infeksi akibat penyakit tertentu bisa juga terkena biduran, yang mana kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang menjalani perawatan akibat penyakit infeksi seperti demam, rasa sakit berlebihan dan akibat obat tertentu.

11) Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan reaksi biduran dalam waktu yang lama, bisanya kondisi ini juga sering dialami oleh penderita penyakit lupus atau HIV.Pada saat tubuh memiliki sistem kekebalan yang di sebut dengan antibodi, maka senyawa tersebut bisa menyerang tubuh itu sendiri.

12) Penyakit Influenza

Biduran juga bisa terjadi pada penderita influenza yang sedang memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah, biasanya reaksi ini terjadi ketika tubuh tidak bisa meningkatkan sistem antivirus untuk melawan penyakit flu.

13) Alergi Makanan Tertentu

Biduran juga bisa terjadi akibat tubuh tidak bisa menerima jenis makanan tertentu, yang mana makanan pemicu biduran yang paling sering terjadi yakni seperti ikan laut, kerang, keju dan telur.Kondisi ini biasanya sudah terjadi sejak kecil dan bisa di deteksi dengan cara tes alergi.Makanan ini bisa menyebabkan reaksi alergi yang berlebihan karena senyawa tertentu yang tidak bisa dilawan oleh sel darah putih dalam tubuh.

14) Pengaruh Bahan Pewarna Makanan

Beberapa orang juga bisa terkena biduran setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pewarna makanan.Bahan  pewarna makanan mengandung bahan kimia khususnya yang memang bisa menyebabkan reaksi alergi, yang mana kondisi ini sering terjadi pada anak-anak yang memang tidak bisa menerima makanan dengan banyak bahan tanambahan.

15) Terkena Paparan Sinar Matahari

Orang yang tidak terbiasa terkena paparan bahaya sinar matahari secara langsung  juga bisa terkena biduran dengan cepat karena paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung akan menyebabkan tekanan dan rasa panas yang berlebihan.

Cara Mengobati Biduran

Biasanya biduran akan muncul dan kemudian akan sembuh dengan sendirinya, namun pada kasus tertentu memang membutuhkan perawatan dokter.Dan berikut ini ada beberapa cara pengobatan biduran yang bisa dilakukan secara medis maupun perawatan di rumah diantaranya :

  • Penderita biduran yang sensitif terhadap aspirin sebaiknya tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman yang mengandung bahan tambahan makanan seperti : bahan pengawet maupun bahan perasa makanan.
  • Biduran yang bertahan lebih dari 24 jam harus segera mendapatkan perawatan dokter untuk mencegah reaksi keracunan  atau kondisi yang lebih buruk.
  • Pemberian obat antihistamin bisa diberikan oleh dokter untuk mengatasi gejala biduran dan mengontrol kondisi biduran supaya tidak terlalu parah.
  • Penderita biduran yang memang sensitif terhadap aspirin sebaiknya tidak mengkonsumsi berbagai jenis makana atau minuman yang mengandung bahan tambahan makanan seperti bahan pengawet maupun bahan perasa makanan.
  • Menjauhi semua jenis pemicu biduran baik dari makanan, minuman dan kondisi cuaca.Hal ini bisa dilakukan jika anda sudah mengetahui apa saja penyebab biduran yang paling sering terjadi.

Selain itu, untuk lebih aman sebaiknya anda mengkonsumsi obat herbal biduran atau urtikaria yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami yang tifak menimbulkan efek samping apapun.

Maka anda perlu : JELLY GAMAT QNC

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai penyebab biduran atau urtikaria dan cara mengobatinya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *