14 Buah Yang Bagus Untuk Mengatasi Sembelit Atau Konstipasi

14 Buah Yang Bagus Untuk Mengatasi Sembelit Atau KonstipasiSembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana terjadinya kesulitan untuk buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas atau tidak bisa sama sekali.

14 Buah Yang Bagus Untuk Mengatasi Sembelit Atau KonstipasiNamun, pada umumnya seseorang di anggap mengalami sembelit apabila buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.Pastinya tiap pengidap mengalami sembelit dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda, ada yang dalamm waktun singkat dan ada dalam waktu yang panjang atau kronis.

Sembelit termasuk penyakit yang sangat umum dan bisa diderita oleh siapa saja, namun penyakit ini dua kali lebih banyak dialami oleh wanita dari pada pria termasuk pada masa kehamilan.Tidak menutup kemungkinan apabila lansia juga termasuk kelompok orang yang lebih sering mengalami sembelit.

PENYEBAB SEMBELIT

Pada umumnya sembelit di sebabkan oleh terjadinya tinja bergerak terlalu lamban dalam sistem pencernaan.Akibatnya banyak sisa-sisa makanan yang tertinggal terlalu lama, kolon atau usus besar akan menyerap air makin banyak sehingga membuat tinja menjadi keras dan kering.

Dan berikut ini ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan sembelit atau konstipasi pada seseorang diantaranya :

  • Kurang aktif dan jarang melakukan olahraga
  • Akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Pola makan yang buruk seperti kurang mengkonsumsi serat atau kurang minum
  • Sering mengabaikan keinginan untuk buang air besar
  • Adanya kondisi medis tertentu
  • Gangguan mental seperti : kecemasan atau depresi
  • Rasa tidak leluasa saat menggunakan toilet
  • Kekurangan atau kelebihan berat badan

GEJALA SEMBELIT

Kesulitan buang air besar dengan frekuensi yang lebih jarang dari biasanya (kurang dari tiga kali dalam seminggu) menjadi gejala utama sembelit.Selain itu juga, ada beberapa gejala lain yang sering muncul pada sembelit antara lain :

  • Tidak nafsu makan
  • Harus mengejan saat buang air besar
  • Perut terasa kembung
  • Sering mual
  • Proses buang air besar terasa tidak tuntas
  • Akan merasakan sakit atau kram perut, terutama pada perut bagian bawah
  • Ukuran tinja bisa besar atau sangat kecil
  • Tinja terlihat kering, keras atau bergumpal
  • Terasa ada yang mengganjal pada rektum

Meskipun sembelit jarang menyebabkan komplikasi, namun jika dialami dalam jangka panjang, sembelit akan menyebabkan hemoroid atau wasir, impaksi feses (menunpuknya tinja kering dan keras di rektum), sobek kulit pada anus sert proplps rektum (sebagian usus yang mencuat keluar dari anus akibat mengejan).

LANGKAH PENGOBATAN SEMBELIT

Melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup merupakan langkah utama dalam mengobati sembelit.Dan berikut ini langkah-langkahnya yakni :

  • Lebih sering olahraga
  • Meningkatkan konsumsi serat perhari secara bertahap
  • Mengkonsumsi lebih banyak air putih

14 BUAH YANG BAGUS UNTUK MENGATASI SEMBELIT ATAU KONSTIPASI

14 Buah Yang Bagus Untuk Mengatasi Sembelit Atau KonstipasiSelain melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup seperti di atas tadi, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah yang mampu mengatasi sembelit atau konstipasi antara lain :

#1 Aprikot

Buah yang satu ini bermanfaat sekali untuk melancarkan pencernaan dan mempermudah pengeluaran feses dari dalam tubuh.Selain memiliki serat yang tinggi, ternyata aprikot ini bisa membasmi cacing usus sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan anda.

#2 Tomat

Meski banyak orang yang menggolongkannya sebagai sayuran, namun sebenarnya tomat itu termasuk golongan buah yang memiliki kandungan serat tinggi.Tidak hanya itu, tomat juga sangat baik untuk kesehatan fungsi hati.Dengan adanya kombinasi kedua manfaat tersebut membuat tomat sangat berkhasiat sekali untuk melancarkan buang air besar.

#3 Pisang

Pisang sering digunakan masyarakat untuk melancarkan buang air besar pada saat dilanda susah buang air besar.Namun, pisang tidak terlalu bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air besar pada bayi.Untuk bayi, buah pepaya adalah yang paling baik digunakan sebagai pelancar BAB.

#4 Alpukat

Buah yang memiliki serat tinggi yaitu sekitar 2,2 gram serat setiap 100 gram beratnya sehingga mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit.

#5 Melon

Melon dikenal sebagai buah yang mengandung kadar air tinggi, selain semangka.Maka tidak heran jika buah ini dipercaya bisa mencegah dehidrasi dan melancarkan BAB.Tidak hanya itu melon juga bermanfaat untuk menetralkan keasaman tubuh terutama pada lambung, yang dapat menjadi kendala dalam proses pencernaan.

#6 Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal racun yang masuk ke dalam pencernaan.Selain itu, mengandung serat asam yang mampu melancarkan buang air besar secara alami.

#7 Belimbing

Buah yang jarang ada dipasaran ini, namun banyak sekali dicari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang segar serta perpaduan manis dan sedikit asam.Ternyata, memiliki manfaat untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol bahkan sebagai terapi penyembuhan beberapa penyakit.

#8 Apel merah

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan serat terutama apel merah.Serat yang terkandung di dalam apel merah termasuk serat larut dalam air, kalium dan asam organik.Sedangkan serat pada kulitnya termasuk serat larut dalam makanan.Mengkonsumsi apel merah sangat bermanfaat untuk membuat feses lebih lunak, mengurangi lemak jahat dan melancarkan buang air besar.

#9 Buah naga

Buah naga ini dalam beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun sebagai buah multikhasiat.Selain memiliki rasanya yang khas, buah yang satu ini memiliki serat dan aneka vitamin yang baik untuk kesehatan terutama dalam melancarkan pencernaa.

#10 Mangga

Banyak sekali orang senang mengkonsumsi buah mangga, baik dalam keadaan masih muda ataupun sudah matang dan berwarna kekuningan.Buah ini memiliki kaya vitamin dan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tuhuh, juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi dengan kandungan air di dalam buahnya serta berkhasiat dalam melancarkan proses pencernaan dan menangkal terjadinya sembelit.

#11 Nanas

Nanas termasuk ke dalam buah yang kaya serat ini bermanfaat untuk mencegah sembelit dan susah buang air besar.Itu karena serat dalam nanas mencapai 100 gram sehingga memudahkan untuk membantu pengeluarkan feses dari dalam usus bahkan mengatasi gangguan kesehatan lainnya.

#12 Pepaya

Buah yang sering digunakan sebagai buah pelancar BAB dan mencegah sembelit ini mengandung antioksidan, antikanker dan mempercepat penyembuhan luka.

#13 Stroberi dan aneka buah beri lainnya

Stroberi dan aneka buah beri lainnya dikenal mengandung serat yang tinggi dan memiliki kalori yang rendah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama mencegah sembelit.

#14 Buah-buahan kering

Yang termasuk ke dalam buah-buahan kering ini seperti : kismis, prem, kurma bahkan pisang ini baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB.

Tidak hanya, mengkonsumsi buah-buahan seperti di atas untuk mengatasi sembelit, andaa juga bisa mengkonsumsi obat herbal Jelly Gamat QNC yang juga berperan penting untuk mengatasi sembelit.

Itu karena, di dalam produk herbal ini ini terdapat ekstrak buah & sayur yang memiliki khasiat yang sangat luar biasa dalam menuntaskan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh manusia termasuk sembelit.

Info Selengkapnya ⇒ Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Secara Alami

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 14 buah yang bagus untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

by post : Stockist Herbal

Komentar Anda

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *